Lomba Mengajarkan Kebersamaan

     Biasanya lomba itu punya target. ya targetnya menang, dapet juara. Entah yang ngerjain 1 orang, 2 orang atau 10 orang. Yang penting menang dan dapet juara. Semua lomba memang sama tujuannya. Tapi ada nggak sih, lomba yang target juaranya bukan dari hasil kompetisi, melainkan karena kekompakan dan kebersamaan ? Jadi yang dilihat bukan hasil pekerjaannya, tapi bagaimana proses pengerjaan itu... Apakah hanya dikerjakan secara individu atau bersama-sama.
     Kebetulan, hari ini Sekolah gue ngadain lomba masak memperingati Idul Adha hari selasa kemarin. Tema lombanya "MASAKAN NUSANTARA". Persiapan buat lomba udah dibahas 2hari yang lalu. Siapa aja yang bawa alat udah dibagi-bagi biar acara masaknya lancar. Karena mikirnya lomba masak ini cuma buat kegiatan aja disekolah, kelas gue nerapin prinsip "Kalah nggak apa-apa yang penting semua kenyang". Betapa mulianya beberapa temen gue yang ngucapin kalimat itu.
Meskipun alat dan bahan udah ada, anggep aja udah komplit. Eh, ada aja yang nggak greget sama proses masaknya. "Harusnya kayak gini", "Harusnya kayak gitu", ada yang udah capek-capek masak, ada yang mondar-mandir beli sesuatu keluar lingkungan sekolah, ada yang cuma duduk-duduk aja, ada yang nggak srek karena... entahlah karena apa.
     Emang sih, tiap ada lomba atau yang berhubungan dengan kelompok, pasti ada berantemnya, ada ngambeknya, ada beda pendapat, ada. Meskipun ngambek karena hal sepele juga ada. Macem-macem alibi ngambeknya. Coba fikir, untuk jadi yang terbaik atau jadi juara musti ada halangan. Gue rasa emang iya harus ada adu mulut, karena disetiap ada tugas kelompok, gue ngalamin hal kayak gitu terus :D
     Kebersamaan gue dan temen-temen gue nggak cuman ada di lomba masak ini, tapi di kegiatan-kegiatan lain. Tapi terkadang, penilaian orang itu nggak bagus, karena mereka nilai dari hasilnya aja. Kebanyakan pasti berfikir, "Kalau prosesnya lancar, pasti hasilnya bagus". Tapi menurut gue, hasil yang bagus nggak harus dari proses yang bagus pula, karena bagaimanapun prosesnya... hasil akhir bisa jadi bagus kalau yang mengerjakan tidak menerapkan individualisme atau egoistic. Meskipun disertai perbedaan pendapat yang menimbulkan kekacauan, itu wajar. Karena hasil yang super bagus bisa didapatkan melalui itu, melalui beda pendapat. Menang kalah urusan belakang, yang penting hikmah dari kebersamaan itu :)
    Dari pengalaman sebelumnya, gue dan temen-temen lebih kompak dari kegiatan tahun lalu karena kita know deep about all, dan kita tidak mempermasalahkan apa yang menjadi halangan buat kita karena kita dewasa dan tau apa yang seharusnya dilakukan. Dan akhirnya kita tau kebersamaan yang sebenarnya....
     Seburuk apapun proses, tidak akan memperburuk hasil

All will fail if we separate


0 komentar: