WEJANGAN LIFE



“Hidup itu cepat. Seiring berjalannya waktu. Lo bakalan ketinggalan karena nggak mempersiapkan apapun buat masa depan. Tapi nggak sebegitunya lo mikirin masa depan. Nikmatin masa sekarang supaya lo tau gimana proses menuju masa depan.”


Kalimat di atas gue ciptakan sepintas sewaktu gue lagi dikasih wejangan sama “orang lawas”, orang yang hidup tenteram di jaman baheula (kayanya sih). Apa maksudnya orang lawas? Mereka lahir di tahun 70an gitu. Mereka adalah bagian dari keluarga sederhana gue. Sebut saja Bulik, adik dari Ayah gue. Pada waktu itu gue duduk di antara mereka (sodara-sodara gue lainnya) nunggu cerita pada zaman dahulu. Gue termasuk orang yang suka banget sama cerita-cerita kaya gitu, cerita klasik, jaman dulu. Katanya, dulu itu anak-anak di jaman mereka yang masih sekolah sd kalo main seru banget. Main layangan ga perlu beli, bikin sendiri dari batang bamboo yang di potong-potong jadi kecil, nemu di kebon di deket rumah. Setiap sore lapangan selalu rame sama anak-anak. Dan kalo main nunggu emaknya marah-marah dulu baru pulang main (How sweet!). Kalo sekarang mah beli aja udah, beres ga perlu ribet bikin.
Boro-boro jaman sekarang main dipanggil-panggil, mau main kemana juga serah lu dah tong. Tapi buat gue, main kemudian dicari orang tua itu suatu keharmonisan rumah tangga. Itu artinya mereka (orang tua) care sama kita anaknya.
Pulang sekolah nggak tidur, dibawain sapu lidi sama  serok, dikata debu yang berserakan kali, ya. Hahaha. Di jaman gue waktu masih sd juga gitu, tidak tidur, sapu lidi melayang. Mereka juga cerita, jaman dulu itu kalo bukan anak orang berada, susah buat kemana-mana. Boro-boro nge mall, beli sepatu aja nunggu gaji berbulan-bulan. Harus bantu orang tua jualan buat beli sesuatu, setiap pulang sekolah. Beda sama yang jaman sekarang mau minta apa-apa tinggal minta sama orang tua. Sedih!
Jaman dulu tuh kaya life is so hard banget gitu kalo dilihat secara materi. But, on the other side, they have so much happiness for life. Bahagianya mereka jaman dulu ga diukur pake uang, I mean, mereka kumpul sama temen-temennya aja udah seneng. Mereka ngebuat momen-momen kecil yang bisa bikin mereka bahagia di jaman itu. Sampai di waktu mereka  cerita mereka harus menata masa depan, they have their own struggle. Ngejalanin kehidupan sendiri-sendiri sampai mereka ketemu sama jodohnya masing-masing. Lucu sih waktu cerita di part dimana mereka ketemu jodoh mereka. Tapi gue skip aja karena gue lupa cerita detailnya. Dan disinilah gue beserta sodara-sodara gue, anak-anak dari mereka, mereka yang punya perjuangan hidup dari jaman susah cari makan sampai sekarang gampang banget mau beli apa. Dan gue dapet nasihat keren dari mereka

“Nduk, Le, sekolah yang pinter, ya. Jangan bikin bapak ibukmu kecewa. Mereka udah semangat menyekolahkan kalian. Bikin bangga, jangan putus asa. Rejeki sudah diatur Gusti Allah. Usaha semaksimal mungkin, berdoa. Cari jodoh juga yang akhlaknya baik, seiman.”

Dalem hati gue mengucap amin berulang kali. Gini nih yang selalu bikin terenyuh. Dapet wejangan, dapet doa juga. Kaya pengen nengok ke jaman dulu gimana kehidupan mereka naik mesin waktunya doraemon. Tapi itu cuman mengkhayal doang hehe.
Menginjak umur mau ke 20tahun, gue jadi banyak mikir tentang hidup. Tapi ketika gue curhat soal kehidupan, ada yang bilang, enjoy ae, happy ae, life is so good, do good. Udah, jalanin aja. Hidup cuman sebentar, siapin matang buat akhirat.
Well, gue setuju banget sama kalimat terakhir. Hidup itu sementara, just for a while. Yang abadi itu akhirat. Apa yang harus dibawa ke akhirat? Amal , sholat, dan sederet kebaikan yang lo lakuin. Sebenernya banyak, sih. Tapi dunia ga akan ikut sama lo di akhirat. So, prepare it well before Allah ask you to follow Him.
Thank you udah baca my very first draft in 2017.

See you.

0 komentar: